Berisi Kumpulan Tutorial Photoshop/CorelDraw/Komputer/Internet, Kumpulan Soal, Kumpulan Materi Perkuliahan, Kumpulan Artikel.

Mekanisme Suara sehingga dapat didengar oleh telinga

by Dyah Ayu Rahmawati , at 5:58:00 AM , have 5 Komentar
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Bagaimanakah mekanisme suara sehingga dapat kita dengar melalui telinga kita???
Mari disikmak penjelasan berikut ^_^
Bagian-bagian telinga ada yang berfungsi menerima getaran udara (gelombang bunyi),  meneruskan getaran, dan menyampaikan getaran ke saraf pendengar di otak besar. Mekanisme kerja alat indera pendengar, yaitu: bunyi dari daun telinga-liang telinga-gendang telinga-tulang pendengaran-tingkap oval-rumah siput-saraf pendengar-otak besar.  Bunyi akan terdengar jika tidak ada sumbatan atau gangguan pada bagian telinga yang menyebabkan gangguan perambatan getaran.

Getaran udara berupa bunyi ditangkap oleh daun telinga dan diteruskan melalui liang dan saluran telinga sampai pada gendang telinga sehingga gendang telinga ikut bergetar.  Getaran pada gendang telinga diteruskan ke tulang-tulang pendengaran (dari tulang malleus-incus-stapes),  kemudian diteruskan ke tingkap oval/jorong.  Di tingkap oval,  getaran mengalami penguatan menjadi berlipat antara 15 sampai 25 kali).  Getaran pada tingkap oval diteruskan melalui cairan pada saluran vestibule dalam rumah siput (kohlea) dengan arah memutar kembali yang melalui cairan dalam saluran tymphani hingga sampai pada tingkap bundar.  Getaran pada cairan perilimfe yang melewati saluran vestibule akan sgetaran merangsang ujung-ujung saraf pendengaran dan diteruskan menjadi impuls menuju  ke pusat pendengaran di otak besar.  Setelah impuls diterima dan diolah otak,  maka bunyi dapat didengar.

Nah.. demikianlah bagaimana suara dapat didengar melalui telinga kita ..
Selamat Membaca dan tetap semangat belajar !!!
Semoga Bermanfaat ^_^
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Attention!!!

Silahkan mengutip dengan menyertakan Link berikut ini. Mari belajar menghargai hasil karya orang lain ^_^.. Terima kasih atas perhatian dan kejujuran Anda...
 
Dyah Ayu Rahmawati
Mekanisme Suara sehingga dapat didengar oleh telinga - written by Dyah Ayu Rahmawati , published at 5:58:00 AM, categorized as Artikel , Biologi , Ilmu Pengetahuan Alam , Materi , Perkuliahan dan Umum . And have 5 Komentar
5 Komentar Add a comment
Unknown
artikel tentang telinga yang bagus
Reply Delete
MHI
Subhanallah.. Allah memang luar biasa ya.. bisa membuat kita mendengar, melihat :')
Dyah Ayu Rahmawati
subhanallah walhamdulillah wala ilahaillallahuallahuakbar :)
Reply Delete

Silahkan utarakan tanggapan Anda terhadap artikel diatas.

Aturan :

1.] DILARANG Menyertakan Link Aktif/Link Mati kecuali di halaman Link Exchange (konfirmasi).
2.] DILARANG SPAMMING.
3.] DILARANG OOT (Out Of Topic) dari artikel diatas.
4.] DILARANG berkomentar jika belum membaca artikel diatas.

Cancel Reply
GetID

Recent Comment

Copyright ©2013 Tutors Kita by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->