Berisi Kumpulan Tutorial Photoshop/CorelDraw/Komputer/Internet, Kumpulan Soal, Kumpulan Materi Perkuliahan, Kumpulan Artikel.

Smudge Art Tutorial V1 by DARa (pemula)

by Dyah Ayu Rahmawati , at 4:10:00 PM
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Selamat Siang dan Salam Sejahtera untuk kita semua..
Pada kesempatan ini DARa's Share akan berbagi tutorial yang berjudul Smudge Tutorial V1 by DARa. 

Dalam Smudge Tutorial V1 by DARa-Art ini DARa's Share menggunakan stok foto dari foto seorang rekan kuliah yang bernama Septi.

Tutorial ini merupakan tutorial smudge dasar versi DARa, sehingga
DARa's Share menjelaskan tutorial ini mulai awal agar Anda dapat memahami bagaimana cara untuk memulai membuat karya Smudge Art ini. Tutorial ini merupakan tutorial V1 ,maksudnya bahwa tutorial ini merupakan tutorial versi pertama jadi insyaAllah akan ada tutorial untuk versi berikutnya dan tentunya dengan pengembangan yang berbeda pula. Jika pengembangan berbeda maka hasilnya pun pasti berbeda.
Karena tutorial ini merupakan tutorial dasar berarti Anda dapat mengembangkannya sendiri sesuai dengan keinginan Anda agar menjadi sebuah karya yang jauh lebih baik lagi. 
*Jangan selalu berpatokan pada tutorial, carilah sesuatu yang baru agar Anda mempunyai Karakter dalam sebuah karya, karena Anda akan mendapat nilai Lebih ketika Anda mempunyai karakter sendiri*.
Silahkan disimak baik-baik, tutorial ini akan lebih bermanfaat jika Anda menyimak dan mempelajarinya sambil PRAKTEK. Dan untuk mempraktekkannya silahkan mencoba stock yang sama dari foto yang diolah dalam tutorial ini, namun hal ini tidak wajib (hanya saran saja untuk yang baru pertama kali memulai belajar Smudge Art, lebih baik jika Anda menggunakan stok foto sendiri).
KLIK GAMBAR UNTUK DOWNLOAD
 Sebelum memulainya, pastikan Anda telah memilih dan menentukan foto atau stok mana yang akan Anda olah, jika Anda masih pertama kali belajar Smudge Art atau ingin memulai belajar dari awal, silahkan unduh atau download gambar yang telah disediakan diatas.

*1*
Buka software Adobe Photoshop Anda.


*2*
Setelah software Adobe Photoshop Anda terbuka dengan sempurna, silahkan klik menu File dan pilih Open untuk memilih stok foto yang akan Anda olah .

*3*
Jika gambar atau foto stok sudah terbuka silahkan diduplikasi layer gambar atau foto stoknya terlebih dahulu. Penduplikasian ini hanya bertujuan untuk berjaga-jaga semata jika sewaktu-waktu ada kesalahan dapat langsung memakai Layer lainnya.



Cara Penduplikasian Layer :
Cara I || klik Kanan pada Layer yang akan diduplikasi kamudian pilih Duplicate Layer.

Cara II || klik menu Layer kemudian pilih submenu New Layer dan pilih sub-submenu New Layer Via Copy.
Cara III || Cara yang paling mudah dan sederhana serta SIMPEL hanya dengan menggunakan shortcut melalui keyboard Anda dengan tekan Ctrl+J
Jika layer sudah terduplikasi, silahkan mulai mengolah gambar atau foto stok Anda
*4*
Awali mengolah gambar atau stok foto dengan mengatur detail gambar atau foto stok.
Klik menu Image dan pilih submenu Shadows/Highlights. (Gambar1)
Gambar1 (klik gambar untuk memperbesar)
*5*
Atur Shadows dan Highlights sesuai selera. 
Saran : Maksimalkan tingkat Shadhows dan tambah tingkat Highlights.(Gambar2)
Gambar2 (klik gambar untuk memperbesar)
*6*
Kemudian pertajam detail gambar atau foto stok dengan klik menu Filter dan pilih submenu Sharpen lalu pilih sub-submenu Unsharp Mask.(Gambar3)
Gambar3 (klik gambar untuk memperbesar)
*7*
Atur Amount, Radius, dan Threshold sesuai keinginan Anda.(Gambar4)
Saran : Gunakan Amount Lebih Tinggi dari Radius, karena jika tingkat Radius lebih tinggi dari Amount maka kemungkinan akan menjadi Over Exposure (terlalu kontras).
Threshold untuk memberi efek kabur atau blur atau rata pada objek. (tidak perlu dipakai dahulu) 
Gambar4 (klik gambar untuk memperbesar)
*8*
Setelah itu Seleksi objek untuk memisahkannya dari Background dengan cara klik Pen Tool yang terdapat pada toolbox, kemudian mulai menyeleksi mengikuti alur pinggirang objek yang akan diseleksi. (Gambar5)
Gambar5 (klik gambar untuk memperbesar)
*9*
Setelah selesai tahap diatas, klik Kanan dan pilih Make Selection untuk mengaktifkan status seleksi objek.
Ketika muncul kotak dialog dibawah, isikan Feather Radius dengan angka "1" dan klik atau centang Anti-Aliased, dan setelah itu klik OK. (Gambar6)
Gambar6 (klik gambar untuk memperbesar)
*10*
Nah, seperti inilah tampilan dari gambar atau foto stok yang telah berstatus terseleksi.(Gambar7)
Gambar7 (klik gambar untuk memperbesar)
*11*
Setelah objek berstatus terseleksi, silahkan duplikasi layer tersebut dangan cara yang telah dijelaskan pada poin *3* atau tekan Ctrl+J.(Gambar8)
Gambar8 (klik gambar untuk memperbesar)
*12*
Setelah menduplikasi layer tersebut , klik ikon mata untuk menyembunyikan layer, dan beginilah hasilnya.(Gambar9)
Gambar9 (klik gambar untuk memperbesar)
*13*
Setelah itu objek siap untuk diolah.
Untuk mengolah gambar atau foto stok menjadi Smudge Art, pilih Smudge Tool pada toolbox dan silahkan mulai menggosok objek [semakin rapi semakin baik,jangan sampai blur, semakin rata semakin baik karena ini adalah tutorial soft smudge].

Untuk Brush Anda dapat menggunakan HighRound Pressure Brush, Hardround Brush, ataupun Softround Brush.  (Gambar10)

Saran :
Gunakan Ukuran Brush lebih kecil daripada Area yang akan digosok.
Berhati-hati ketika menggosok agar tidak merubah dimensi objek.
Lebih teliti untuk menggosok bagian tepi objek, apalagi jika Anda menggunakan SoftroundBrush

Gambar10 (klik gambar untuk memperbesar)
Jika Anda masih bingung bagaimana caranya menggosok objek agar halus dan rata, silahkan Anda simak Video Tutorial Cara Menggosok dengan Smudge Tool - DARa's Share .

Nah seperti itulah cara mengolah gambar atau foto menjadi Smudge Art.
Untuk Background Anda dapat membuat layer baru di bawah layer objek yang telah digosok dan kemudian Bermain Brush atau Mixer Brush atau Fill Color atau Gradient Color atau melalui Filter - Clouds dengan warna yang sesuai dengan objek sehingga terlihat elegan.

Berikut merupakan hasil dari proses Smudge Art Tutorial V1 by DARa (pemula) yang telah dijelaskan diatas :


Demikian tutorial yang dapat disampaikan , mohon maaf atas segala keterbatasan dan kekurangan yang ada. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk para pembaca yang sedang mempelajarinya.
Apabila terdapat beberapa hal yang kurang jelas atau pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar dibawah ini. DARa's Share berusaha untuk selalu memberi respon kepada siapapun yang bertanya.

Keep SemangART!
Jangan bosan untuk berlatih yaa, karena untuk menghasilkan Smudge Art yang baik tidak dapat menggunakan cara yang INSTAN.
Ingat ! Buatlah Karya dengan Membangun KARAKTER yang Baik (bukannya Ngawur). Carilah tutorial sebanyak mungkin dengan catatan hanya sebagai referensi yang kemudian Anda kembangkan sendiri.Karena suatu karya tidak memiliki Nilai Lebih jika tidak memilik Karakter tersendiri.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Attention!!!
Silahkan mengutip dengan menyertakan Link berikut ini. Mari belajar menghargai hasil karya orang lain ^_^.. Terima kasih atas perhatian dan kejujuran Anda...  
Dyah Ayu Rahmawati
Smudge Art Tutorial V1 by DARa (pemula) - written by Dyah Ayu Rahmawati , published at 4:10:00 PM, categorized as Photoshop , Smudge Art , tutorial
Comment disabled

Recent Comment

Copyright ©2013 Tutors Kita by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger