Berisi Kumpulan Tutorial Photoshop/CorelDraw/Komputer/Internet, Kumpulan Soal, Kumpulan Materi Perkuliahan, Kumpulan Artikel.

Uninstal Program pada Komputer (Mengatasi LEMOT pada Komputer/Laptop)

by Dyah Ayu Rahmawati , at 8:36:00 AM , have 38 Komentar
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...
Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Cara Uninstal Program pada Komputer.

Sesuai dengan judul tersebut saya akan sedikit menjelaskan apa maksud dengan Uninstal Program pada Komputer. 
Tentunya kalian sudah tidak asing dengan
kalimat tersebut ya, jadi yang dimaksudkan disini adalah bagaimanakah caranya menghapus program atau software atau yang biasa disebut dengan perangkat lunak yang telah terinstal atau terpasang dalam komputer kita.

Tujuannya adalah untuk membuang program atau software atau perangkat lunak yang tidak terlalu diperlukan oleh komputer kita. Nah dengan demikian berarti kita juga memperingan kinerja dari prosesor maupun harddisk komputer kita. Karena biasanya ketika seseorang senang mencoba hal baru yang ada di dalam komputer, misalnya : bermain game, desain grafis, dan berbagai hal yang kiranya menarik, maka dia akan memasukkan dan kemudian menginstal/memasang segala hal tersebut ke dalam komputernya, dan buruknya biasanya kebiasaan ini pun membuatnya lupa jika kapasitas  komputer kita itu terbatas. (pengalaman biasanya ketika baru membeli komputer atau laptop) sehingga pasti akan berdampak buruk untuk kinerja prosesor serta harddisk pada komputernya. Semakin banyak program atau software atau perangkat lunak yang terinstal atau terpasang pada sebuah komputer maka akan semakin banyak pula memori yang dibutuhkan, dan semakin banyak memori yang dibutuhkan maka akan menyebabkan kinerja prosesornya menjadi berat. Beratnya kinerja prosesor ini biasanya ditandai dengan Loading Lama (lola) atau biasa disebut dengan LEMOT.

Oleh karena itu, sebaiknya kita sebagai pemilik komputer maupun laptop dapat dengan bijak dan pandai-pandai untuk memahami hal tersebut. Namun, jika sudah terlanjur memasang banyak software atau program atau perangkat lunak ada baiknya jika dipilah pilah kembali, manakah yang lebih dibutuhkan, dan ketika ada yang tidak begitu penting disana sebaiknya dibuang atau dihapus saja.


 Oke??
Baik, begini ..
Saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk membuang hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan tersebut dalam komputer kita, dan tentu saja akan meringankan kinerja prosesor kita. 
Akan tetapi, mohon maaf yaa apabila penjelasan saya belum sebaik para pakar (namanya juga belajar berbagi ilmu, hee)

*PERTAMA*

Ada dua cara untuk memulai, yaitu dengan melalui tombol Windows yang berada pada Taskbar dan melalui Klik Kanan pada Desktop. Namun pada dasarnya intinya sama,akan mengarah ke Kontrol Panel (Control Panel) juga, jadi tidak perlu dipermasalahkan,hee
Berikut screenshootnya : PERHATIKAN LINGKARAN MERAH YAA!!!
1. Melalui tombol Windows yang berada pada Taskbar ( Perhatikan Gambar A1 )
Gambar A1 (Klik untuk memperbesar)


 *** Dari gambar di atas :
Setelah klik tombol Windows >> pilih Control Panel.

2. Melalui Klik Kanan pada Desktop( Perhatikan Gambar A2 )
Gambar A2 (klik untuk memperbesar)
*** Dari gambar diatas :
Setelah klik KANAN pada Desktop >> pilih Personalize untuk masuk ke Control Panel.
Nah.. 
Begitulah perbedaannya, semoga mengerti dengan gambar dan penjelasan singkat diatas...
 Oke jika sudah paham, mari lanjutkan ke langkah berikutnya ..


*KEDUA*
Setelah langkah diatas maka kita akan masuk ke dalam menu Control Panel, seperti inilah kira-kira gambarannya : (Perhatikan Gambar B1 dan Gambar B2)
Gambar B1 (klik untuk memperbesar)
 *** Dari gambar di atas :
Ketika memulai dengan Klik Tombol WINDOWS pada TASKBAR.
Silahkan Pilih Menu yang telah saya tandai dengan lingkaran warna merah  yaitu pilih Program and Features
Gambar B2 (klik untuk memperbesar)
*** Dari gambar diatas :
Ketika memulai dengan KLIK KANAN pada DESKTOP
Silahkan pilih Menu Program (Uninstal Program)


*KETIGA*

Setelah langkah kedua diatas dilakukan maka kita akan masuk ke dalam menu Uninstal Progam dan seperti inilah gambarannya : (Perhatikan Gambar C1) .
Gambar C1 (klik untuk memperbesar)
 *** Dari gambar di atas :
Silahkan dipilih-pilih yang mana saja kiranya program atau software atau perangkat lunak yang tidak terlalu dibutuhkan, dan tentunya tidak memberatkan kinerja prosesor serta memenuhi memori. 
Uninstal dengan klik KANAN >> pilih Uninstal 
#jika ada pilihan REPAIR berarti artinya memperbaiki, maksudnya disitu adalah menginstal ulang program atau software atau perangkat lunak yang telah terpasang atau terinstal (biasanya jika file terinstal tidak sempurna atau kinerjanya kurang baik). Tapi kan kita sekarag sedang membahas cara  Uninstal Program pada Komputer. 
Jadi FOKUS untuk MENGHAPUS dulu yaa :)

INGAT !!!
BIJAKSANALAH !!! 
DEMI KEBAIKAN (hehe) -_-
Jangan tidak memilih sama sekali yaa ketika akan meng-Uninstal program.. Takutnya nanti karena sayang atau  bahasa jawanya "eman-eman"  lalu tidak jadi dihapusin.. -_-
 Pastinya nggak yaa ,hee
*TERAKHIR*
Setelah melakukan langkah ketiga di atas, proses Uninstal pun dimulai, dan biasanya akan muncul kotak-kotak dialog seperti gambar dibawah ini : (Perhatikan Gambar E1, Gambar E2)
Gambar E1 (klik untuk memperbesar)

*** Dari gambar di atas : 
 Memilih untuk menghapus atau menguninstal sebagai Admin atau Pengguna Umum
Terserah ya mau pilih yang mana, pilih User saja jika tidak tahu akun administratornya

Notebook : Jarang muncul (hanya pada software tertentu saja)


Gambar E2 (klik untuk memperbesar)
 *** Dari gambar di atas :
Proses UNINSTAL BERLANGSUNG (ada tanda loading) >> Hanya MENUNGGU sampai proses UNINSTAL SELESAI 

Notebook : Jika ada kotak dialog yang muncul lagi, silahkan klik OK atau dibaca dulu apa pertanyaannya. (harus teliti ya, salah-salah nanti malah tidak jadi terhapus secara keseluruhan)

SELESAI deh ^_^
Program atau Software atau Perangkat Lunak yang tadinya terpasang atau terinstal atau bahasa jawanya nyantol/nyangsang akhirnya telah musnah dan pergi dari komputer kita, dan tentunya paling tidak dapat membantu untuk memperingan loading dan meningkatkan kinerja prosesor menjadi lebih baik lagi.

Demikian Cara Uninstal Program pada Komputer. yang dapat saya sampaikan. 
Semoga Bermanfaat yaa
Semoga dapat mengatasi masalah Loading Lama (LEMOT) pada komputer atau laptopnya..
Mohon Maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan maupun ketidakjelasan dalam menjelaskan.


Jika ada yang perlu ditanyakan atau belum jelas, silahkan bertanya 
Bertanya melalui kotak komentar..
Insyallah akan saya respon dengan senang hati 
dan pastinya (semampu saya) hwahahaha -_-

Oke sekian dari saya..
Selamat Mencoba...
Selamat Praktek...

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Attention!!!

Silahkan mengutip dengan menyertakan Link berikut ini. Mari belajar menghargai hasil karya orang lain ^_^.. Terima kasih atas perhatian dan kejujuran Anda...  
Dyah Ayu Rahmawati
Uninstal Program pada Komputer (Mengatasi LEMOT pada Komputer/Laptop) - written by Dyah Ayu Rahmawati , published at 8:36:00 AM, categorized as komputer , tutorial . And have 38 Komentar
38 Komentar Add a comment
Irvan Efendy
mantabb info nya mbak,...
coba in ahh ntar,...
Reply Delete
Wafa Cw
Assalam Rahma... saya ada satu persoalan yang sudah lama bermain di kepala saya. Kadang-kadang sebilangan perangkat lunak itu mempunyai hidden file atau file yang berkongsi dengan perangkat lunak lain. Bagaimana kita boleh ketahui file yang tidak diperlukan?
Dyah Ayu Rahmawati
jika file terhidden namun hanya sebatas file(tidak terinstal pd komputer) itu no problem cik saja cik asal tidak bahaya(bukan virus dan filenya kecil)
tapi perlu hati2 juga mungkin bisa jadi malware/virus,lebih baik cek dulu melalui antivirus untuk memastikan :)
Reply Delete
WARDIANTO
nyimak aja n ikt gabung ka,?

Follow sukses minta follow back nya ath ka.?di tunggu
Reply Delete
Uda Awak
Wah, tutorialnya bagus dan dapat saya coba barusan. Ternyata memang dapat memperbaiki kinerja komputer. Agak lebih bagus dari sebelumnya. Terima kasih mbak Rahma...
Dyah Ayu Rahmawati
samasama pak Uda,memang terkadang saking banyaknya program yang kurang diperlukan oleh komputer itu dapat memenuhi memorinya,dan jika penuh hasilnya akan berdampak pada kinerja,kinerjanya menurun
Reply Delete
Ririn
laptop saya akhir-akhir ini agak lambat loading nya. Spertiinya terlalu banyak program yng diinstal :D
harus dicopot ya kak program nya biar lebih ringan :)
Dyah Ayu Rahmawati
hwahah, mungkin juga mbak ririn.. dicopot saja yang kurang diperlukan hehe, insyallah lebih ringan nantinya :)
Reply Delete
Kharisma Adzana
kalau saya boleh saranin uninstallnya pakai software aplikasi uninstaller aja biar lebih bersih :D
maksudnya registri dan file-file bekas aplikasi yg diuninstall juga ikut terhapus :)

templatenya bagus mbak :)
Dyah Ayu Rahmawati
oh iyaa mas,hehe
baru ingat saya,makasih ya sudah diberi masukan, memang terkadang jika hanya di uninstal seperti cara diatas masih kurang bersih alias masih ada sisa sisanya dikit :)

OOT makasih
mahfud ti-c
Pake Revo Uninstaller Pro dijamin bersih mas,,,,,
Reply Delete
Tiyang Magelang
tambah pakai software pembersih ;)
Dyah Ayu Rahmawati
sip.. iya mas :) kelewatan, makasih udah mengingatkan xiixixi
Reply Delete
Purnomo Jr
Cara yang menarik nih mbak..
Nanti saya coba deh..soale gi BW pake hp nih :)
Terima ksh ya ..
Reply Delete
EKA IKHSANUDIN
makasih banget mba atas informasi tentang uninstall program di komputer, sangat bermanfaat khusus nya bagi yg blm bisa menguninstal program :)
Reply Delete
mahfud ti-c
PC/Laptop lemot umumnya dipegaruhi oleh instalasi software yg tidak susuai dengan spesifikasinya PC/Laptop tsbt...selain uninstal program mungkin mendisble aero theme dan menonaktifkan beberapa services bisa menjadi alternatif agar Kompi kita berjalan ngebut,,,,,,wusssssssssss,,,,heheh
Reply Delete
Obat Sakit
kebanyakan program yg terinstal bikin laptopku lemot
Reply Delete
Mawan Cradlez
apalagi ditambah dengan RAm yg kecil yah maka kinerja komputerpun jadi lambat.. makasih mbak atas berbagi ilmunya
Reply Delete
dilarang melarang
kalo terlalu banyak aplikasi kompi kita jadi lemot..sebaiknya di hapus aja aplikasi yg tidak begitu penting
Reply Delete
JIM
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh... :)
ya, ini sebenarnya tutor dasar, tetapi emang benar biasa untuk para pengguna baru (yg baru beli laptop/ komputer) yg suka coba2 install ini itu tapi sering melewatkan hal ini... :)

maaf lupa baru follow...
(gara keasyikan lihat+nyari template dari blog ini) ^^
Reply Delete
Muh Hendrik
Bener nie terkadang kita lupa untuk bersih - bersih PC atau laptop kita.Baru terasa kalau sudah terjangkit LEMOT, baru deh bingung cari solusi. hehe
Reply Delete
Kakak Reva
tapi walaupun aplikasinya banyak yang di pelukan tapi masih tetap saja lelet,ya solusinya hanya di task manager aja :) ,betulkan mba dyah :)
Reply Delete
nina
yang penting pastikan aplikasi itu tidak running semua.... task manager memang berguna banget....
Reply Delete
Ahmad Afandi
mantap infonya apalagi untuk orang2 yang baru mendalami Komputer
Reply Delete
vip
makasih infonya sob ,sangat membantu saya ...jangan lupa mampir ke gubug ane ya
Reply Delete
Alvaro
Terima kasih infonya mbak Rahma...setelah banyak instalasi software di Drive C, yg sbenarnya untuk sistem, trus kita instal terlalu banyak software, apalagi dengan spek PC yg biasa aja, PC akan terasa lemot,,,oleh karena itu perlu memilah-milah mana yg penting, mana yg msih berguna ataupun yg tidak berguna lagi...salah satunya dngn meng uninstal yg gak perlu,,hehe
Reply Delete
Smartan Dad
Good tutorial on uninstalling program. Hope to read more from you!
Reply Delete
infotipsku
Saya juga kayanya harus bersih2 ni laptop udah lemot banget, udah buang beberapa aplikasi tapi ada yg masih bandel ga bisa diunisntall, gimana caranya mba kalau ada aplikasi yg tiap uninstall cuma muncul error terus ga bisa full terhapus?
Dyah Ayu Rahmawati
mungkin dapat menggunakan uninstaller untuk menuntaskannya.
Reply Delete
Asfahul Muhib
kadang2 uninstal gk bersih juga ya mbk? punyaku tetep lemot e...
Reply Delete

Silahkan utarakan tanggapan Anda terhadap artikel diatas.

Aturan :

1.] DILARANG Menyertakan Link Aktif/Link Mati kecuali di halaman Link Exchange (konfirmasi).
2.] DILARANG SPAMMING.
3.] DILARANG OOT (Out Of Topic) dari artikel diatas.
4.] DILARANG berkomentar jika belum membaca artikel diatas.

Cancel Reply
GetID

Recent Comment

Copyright ©2013 Tutors Kita by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger