Berisi Kumpulan Tutorial Photoshop/CorelDraw/Komputer/Internet, Kumpulan Soal, Kumpulan Materi Perkuliahan, Kumpulan Artikel.

Penyelesaian Soal Barisan dan Deret Matematika (Yahoo Answer)

by Dyah Ayu Rahmawati , at 11:23:00 PM , have 14 Komentar
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Selamat malam teman-teman
Tadi saya membuka Yahoo Answer dan tidak sengaja menemukan pertanyaan yang ditulis oleh seorang member disana..
Kebetulan soalnya adalah soal matematika
dan kebetulan juga ketika saya dapat menyelesaikannya, 
Oleh karena itu saya bantu untuk menjawab pertanyaannya..
Untuk mengecek benar atau salah (mengada-ada atau tidak) yang saya tulis ini, silahkan di cek ke halaman ini ya :)
Seperti inilah pertanyaannya 
1. Soal Barisan dan Deret Aritmatika
Suatu deret bilangan memiliki jumlah n suku yang pertama dengan rumus
Sn= 3n2 + 4n + 7 ,tentukan:

A. jumlah 5 suku yg pertama

B. Rumus suku ke n


PENYELESAIAN
Diketahui : Sn= 3n2 + 4n + 7

Ditanyakan : a. Jumlah 5 Suku yang Pertama (S5)
b. Rumus Suku ke-n (Un)

Jawaban :

a. Untuk mencari Jumlah 5 Suku yang pertama (S5) adalah dengan “men-subtitusikan”
Jika diketahui Sn = 3n2 + 4n + 7
Dan ditanyakan nilai S5 , maka n = 5

Dengan demikian , Subtitusikan nilai n tersebut kedalam Rumus Sn = 3n2 + 4n + 7

Sehingga akan di dapat :
Sn = 3n2 + 4n + 7
S5 = 3 (5) 2 + 4 (5) + 7
S5 = 3 (25) + 20 + 7
S5 = 75 + 27
S5 = 102

Jadi, jumlah 5 suku yang pertama sebesar 102 .

b. Untuk mencari Rumus Suku Ke-n (Un) adalah dengan menggunakan rumus sebagai berikut :

Un = Sn – Sn-1

Langkah 1 :
Karena nilai Sn sudah diketahui maka Carilah nilai Sn-1

#...... Sn = 3n2 + 4n + 7

#...... Sn-1 = 3 (n-1) 2 + 4 (n-1) + 7
= 3 ( n2 – 2n + 1 ) + (4n – 4) + 7
= 3 n2 – 6n + 3 + 4n – 4 + 7
Sn-1 = 3 n2 – 2n + 6
Langkah 2 :
Jika nilai Sn dan Sn-1
Sudah ditemukan maka selesaikan dengan rumus

Un = Sn – Sn-1
Un = (3n2 + 4n + 7) – (3 n2 – 2n + 6)
Un = 3n2 + 4n + 7 - 3 n2 + 2n - 6
Un = 6n + 1

Jadi, Rumus suku ke-n adalah Un = 6n + 1

Sekian
Demikian cara saya membantu menjawab pertanyaan tersebut.. 
Kurang Lebihnya mohon maaf :)
Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
 

Attention!!!
Silahkan mengutip dengan menyertakan Link berikut ini. Mari belajar menghargai hasil karya orang lain ^_^.. Terima kasih atas perhatian dan kejujuran Anda...  
Dyah Ayu Rahmawati
Penyelesaian Soal Barisan dan Deret Matematika (Yahoo Answer) - written by Dyah Ayu Rahmawati , published at 11:23:00 PM, categorized as Ilmu Pengetahuan Alam , Kumpulan Soal , matematika , Materi . And have 14 Komentar
14 Komentar Add a comment
Achmad Bagus
wah.. wahh.. mba pinter jg yah..
ini kan soal2 dulu pas ane masih dibangku SMK.. hehe..
jadi keinget dulu nih..
Dyah Ayu Rahmawati
wkwkw sambil buka2 buku lama mas :)
Reply Delete
Hibban K
wahh keren, ini soal semester 1 aku, barusan aja lewat..
nice post
Dyah Ayu Rahmawati
iya itu semester 1 soal SMA mas :)
Reply Delete
Ikang Kun
wah bagus nih tipsnya
Dyah Ayu Rahmawati
terimakasih, semoga bermanfaat ,aamiin :)
Reply Delete
rizky pratama
Wah Keren Buat pembelajaran di skolah hehe
Reply Delete
Devy Indriyani
jawabannya benar mbak, coba seandainya rumusnya lebih dilengkapi, misalnya
Sn = 3n2 + 4n + 7
S5 = 3 (5) 2 + 4 (5) + 7
S5 = 3 (25) + 20 + 7

angka 25 dan 20 hasil dari mana?
agar kita pembaca dapat dengan jelas hasil perkaliannya..
terimakasih
Dyah Ayu Rahmawati
yang ada angka 2 itu sebenarnya pangkat 2 mbak,berhubung pangkat 2 tidak dapat ditulis disini,jadinya agak geje deh,hhe
makasih koreksinya ^^
Reply Delete
maryam ishmatullah
ini kaya pelajaran ishmah tapi lebih susah ^^"
Dyah Ayu Rahmawati
ini mapel anak SMA dek tantik ^^
Reply Delete

Silahkan utarakan tanggapan Anda terhadap artikel diatas.

Aturan :

1.] DILARANG Menyertakan Link Aktif/Link Mati kecuali di halaman Link Exchange (konfirmasi).
2.] DILARANG SPAMMING.
3.] DILARANG OOT (Out Of Topic) dari artikel diatas.
4.] DILARANG berkomentar jika belum membaca artikel diatas.

Cancel Reply
GetID

Recent Comment

Copyright ©2013 Tutors Kita by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger